Muhammadiyah Resmi Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 2017

Muhammadiyah Resmi Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 2017
Muhammadiyah Resmi Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 2017

Karesidenan.com – Seperti tahun-tahun lalu, Muhammadiyah selalu menentukan awal puasa ramadhan terlebih dahulu dan tidak menunggu keputusan sidang isbath. PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa awal puasa Ramadhan 1438H akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Hal ini didasarkan atashisab wujudul hilal yang menjadi pedoman Muhammadiyah.

Abdul Mu’ti selaku sekretaris umum PP Muhammadiyah menjelaskan, posisi hilal jelang ramadhan akan berada di posisi 7 derajat. Karena pada saat matahari terbenam, bulan telah berada di atas ufuk. Begitu pula dengan penetapan awal idul fitri akan jatuh pada tanggal 25 Juni 2017, karena wujudul hilal sudah berada di atas 4 derajat.

“Ramadhan 1438H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017. Sedangkan tanggal 1 Syawal 1438H jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017”. Ujar dia seperti yang dilansir dari Liputan6.com

“Kemungkinan akan sama dengan pemerintah. Karena kan posisi hilal saat itu berada di sekitar 7 derajat. Sudah tinggi. Nah pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu sudah termasuk rukyat (terlihat), bahkan ada pendapat kalau 2 derajat, sudah rukyat.” Imbuhnya

Walaupun Muhammadiyah sudah menentukan awal puasa dan awal lebaran, ia menegaskan bahwa pihaknya akan menghadiri sidang isbath yang digelar pemerintah bersama sejumlah ormas islam yang lainnya.