Menu

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Tanggal 25 Juni 2017, Samakah Dengan Pemerintah ?

  Dibaca : 205 kali
Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Tanggal 25 Juni 2017, Samakah Dengan Pemerintah ?
Sidang Isbath Awal Ramadhan 1438H

Karesidenan.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebelumnya telah menentukan terlebih dahulu 1 syawwal 1438H atau Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Berarti Muhammadiyah hanya berpuasa selama 29 hari. Menurut pedoman yang dipakai, bahwa hilal sudah berada diatas 4 derajat.

“Tanggal 1 syawwal 1438H jatuh pada ahad, 25 Juni 2017.” Ujar Abdul Mu’ti selaku sekretaris umum PP Muhammadiyah.

Muhammadiyah sejak dulu telah menentukan baik awal ramadhan maupun awal syawwal. Lalu apakah lebaran tahun ini bakal bareng dengan pemerintah ? Pemerintah sendiri baru bisa memutuskan awal 1 syawwal setelah mengadakan sidang isbath. Bagi masyarakat tentu akan dilema menunggu kepastian dari pemerintah. Terlebih kepada penyelenggara takbir keliling yang sudah mempersiapkan diri dan harus menunggu hasil sidang isbath.

Baca Juga : Ingin Tukar Uang Lebaran, Baca Dulu Imbauan Penting Bank Indonesia

Jika pemerintah mengumumkan 1 syawwal jatuh pada tanggal 25 juni 2017, maka kita hanya berpuasa selama 29 hari. Tetapi jika ketika rukyatul hilal yang dilakukan pemerintah belum terlihat atau belum memenuhi syarat maka diwajibkan bagi kita untuk menyempurnakan puasa menjadi 30 hari.

Kriteria ini berpegang pada hadits Nabi Muhammad SAW : Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Jika terhalang maka genapkanlah (istikmal) menjadi 30 hari.

Apapun keputusan sidang isbath nanti, masyarakat tentu sangat berharap agar seluruh warga muslim di Indonesia bisa merayakan hari raya idul fitri 1438H secara bersamaan.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional