Menu

Hasil Sidang Isbat Kemenag, Penentuan Awal Puasa Ramadhan 1438H

  Dibaca : 325 kali
Hasil Sidang Isbat Kemenag, Penentuan Awal Puasa Ramadhan 1438H
Hasil Sidang Isbat Kemenag, Penentuan Awal Ramadhan 1438H

Karesidenan.com – Seluruh umat Islam sebentar lagi akan memasuki masa dimana kita akan berpuasa selama bulan Ramadhan. Beberapa tim pemantau rukyatul hilal telah disiagakan dibeberapa titik untuk memantau hilal sebagai penentuan awal puasa Ramadhan 1438H. Ada sebanyak 84 titik pemantauan yang dilakukan Kementrian Agam di 33 provinsi di Indonesia.

“Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbath untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan 1438H”, kata Kamaruddin Amin, Plt Dirjen Bimas Islam.

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB dengan diawali pemaparan dari tim Hisab dan Rukyat kementrian Agama. Sidang Isbat akan diadakan secara tertutup dan akan diumumkan secara terbuka dalam konferensi pers.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa ramadhan 1438H yang jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Hal ini karena berdasarkan hisab wujudul hilal, hilal telah berada pada posisi 7 derajat. Sehingga besok sabtu, Muhammadiyah bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga : Muhammadiyah Resmi Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1438H

Berbeda dengan Nahdlatul Ulama, yang menentukan awal puasa ramadhannya menunggu keputusan hasil sidang Isbath yang diadakan oleh Kementrian Agama RI. Akan tetapi, Nahdlatul Ulama juga melakukan kegiatan Rukyatul Hilal yang telah disiagakan sebanyak 90 titik.

KONFERENSI PERS HASIL SIDANG ISBAT

Kementrian Agama RI akhirnya telah usai mengadakan sidang isbat dan hasilnya akan diumumkan pada saat konferensi pers. Berdasarkan paparan pada awal sidang isbat, Hilal telah dapat dilihat dari 4 titik dan menemukan posisi hilal berada pada posisi 8,51 derajat.

“Maka dengan perhitungan 2 hal tadi yaitu hisab dan rukyat pada paparan awal sidang isbat, malam ini kita sudah memasuki malam 1 ramadhan. Dan besok sabtu, kita akan mengawali puasa di bulan ramadhan tahun ini.” Ujar Luqman Hakim, Menteri Agama RI pada konferensi Pers sidang Isbat (26/5/2017).

Dengan hasil konfernsi pers sidang isbat, maka seluruh umat islam di indonesia malam ini bisa melaksanakan ibadah sholat terawih dan besok bisa memulai puasa ramadhan 1438H

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional