oleh

Inilah Minuman Tradisional Yang Bisa Jadi Teman Saat Musim Hujan

Karesidenan.com – Bulan november dan desember, Indonesia telah memasuki musim hujan. Cuaca kini menjadi lebih dingin dari bulan-bulan sebelumnya. Maka diperlukan minuman dan makanan yang bersifat menghangatkan dan menyegarkan badan, supaya kita tetap bisa semangat beraktivitas meskipun udara terasa dingin.

Ada banyak pilihan minuman yang diolah secara tradisional asli Indonesia, yang bisa menjadi teman yang pas untuk menemani aktivitas anda di musim hujan seperti saat ini. Diantaranya ?

Bir Pletok

Ini bukan minuman bir yang ada alkoholnya, melainkan hanya minuman tradisional olahan khas Betawi. Karena pasalnya, minuman bir pletok terbuat dari campuran beberapa rempah jahe, kayu manis, kapulaga, daun pandan wangi dan serai.

Selain menghangatkan tubuh, bir pletok juga bermanfaat untuk mengobati masuk angin, flu, batuk dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman sirup jahe hangat yang diberi campuran kayu manis, serai, kacang, cuilan roti, kolang kaling, serta ronde yang jadi bahan utamanya. Apa sih ronde itu ? ronde merupakan adonan berbentuk bola-bola kecil yang dibuat dari tepung ketan yang didalamnya berisi kacang yang telah dihaluskan.

Minuman ini tentu sangat cocok untuk menghangatkan tubuh anda. Selain itu juga bisa menjadi obat penyembuh sakit tenggorokan, mencegah mabuk perjalanan, mengurangi sakit kepala, menurunkan kadar kolesterol, hingga mengurangi resiko terkena stroke.

Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman tradisional asal Jawa Tengah yang terbuat dari pacar cina dan potongan roti. Rasanya sangat unik karena menggunakan kuah jahe sehingga sangat cocok untuk menghangatkan tubuh ketika hujan turun.

Itulah beberapa olahan minuman tradisional yang bisa menjadi teman untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya musim hujan saat ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (krs/ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed